Program Diklat Fungsional bertujuan agar ASN/pendidik/instruktur/dosen memiliki kompetensi dalam hal merencanakan dan menyiapkan pembelajaran dan pengajaran yang efektif, memilih metode pengajaran dan bahan ajar yang efektif, serta mengevaluasi proses pembelajaran dan pengajaran.

DIKLAT BAGI PENGGUNA SISTEM INAPORTNET

Tentang Diklat bagi Pengguna Sistem Inaportnet

Kerjasama Direktorat Angkutan Lalu Lintas dan Kepelabuhanan

Dalam rangka mengimplementasikan PM 192 tahun 2015 tentang penerapan Inaportnet untuk pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan, dibutuhkan rencana informasi tentang angkutan laut dan di pelabuhan guna menjamin ketersediaan informasi untuk pengguna jasa di Indonesia. Inaportnet itu sendiri adalah sistem informasi layanan secara elektronik berbasis internet yang mengintegrasikan sistem informasi angkutan laut dan kepelabuhanan dengan standar guna melayani kapal dan barang bagi seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di Pelabuhan (termasuk sistem badan usaha Pelabuhan, pergerakan PBM, JPT, dan terminal operator).

Oleh karena itu, BPPTL Jakarta Bersama dengan dan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Hubla bekerja sama untuk menyelenggarakan diklat dalam rangka memberikan pelatihan dan pemahaman bagi para operator. Dan diklat tersebut telah disetujui oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan. Diharapkan pelatihan ini dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Sistem informasi yang unggul dan berkompeten dalam mendukung penuh program pemerintah untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya program strategis Nasional dalam rangka mewujudkan sistem informasi angkutan laut dan kepelabuhanan.